Perpanjangan SIM C itu Mudah ! #gaya [@Polres Metro Bekasi]

Menunaikan amanah dari suami nih… Disuruh “menyebarkan” kemudahan proses perpanjangan SIM di Twitter, blog, status FB, dll πŸ˜€
Supaya nggak lagi ada percalo-an di lembaga-lembaga pemerintahan, katanya… πŸ™‚

Iyaaa, karena tanggal 5 April ini SIM C saya habis masa berlakunya… (iyaa…. ma kasihhh buat ucapannya :p), jadilah “terpaksa” kudu sowan ke Polres Metro Bekasi.
Kenapa saya bilang “terpaksa” ? Karena jujur, saya nggak pernah suka berurusan dengan lembaga pemerintahan. Apapun jenisnya. Apalagi berhubungan dengan instansi berseragam πŸ™ Keder duluan bawaannya…

Dari pertama kali saya punya SIM, itu tahun 1995 kalo’ nggak salah; proses pembuatan SIM saya baik yang baruΒ  maupun perpanjangan selalu memakai jasa calo ! :p (mau itu calo “cabutan pas udah di lokasi, atau pake’ kebaikan agen biro jasa :D).
Gitu kok yaa bangga yaa πŸ˜€ Yaa abis, mau gimana lagi… Waktu saya terbatas soalnya.

Nah, kemarin itu saya juga sudah koordinasi dengan agen biro jasa tempat saya biasa minta tolong. Sudah janjian juga jam 9 pagi di Polres. Tapi ternyata siang-siang agen-nya telepon, dan bilang kalo’ Sabtu itu, kepolisian statusnya “steril”. Artinya, bahkan biro jasa pun nggak boleh “nongkrong” di situ.

Tapi dipikir-pikir… weekend kemarin kami nggak ada rencana yang serius. Dan kata-kata “steril” sepertinya bermakna, kantor polisi bakal lebih sepi kan… Karena bakal nggak ada biro jasa, calo, dll.
Ngajuin proposal ke suami deh, kalo’ Sabtu pagi bakalan ngilang sebentar ke Polres. Tapi ternyata beliau malah menyanggupi mengantar πŸ˜€ Alhamdulillah…

Dari Jum’at malam saya udah browsing-browsing, bagaimana situasi yang akan saya hadapi, berapa biaya yang kira-kira harus saya bayar, dll.
Ada satu link yang bikin saya optimis, bahwa pembuatan SIM perpanjangan itu cuma akan memakan waktu “40 menit” dihitung dari memarkir motor. Makin optimis deh ! Berangkaaaatt !

Polres Metro Bekasi

Polres Metro Bekasi

Polres buka pukul 08.00 WIB. Saya berusaha supaya jam 8 sudah ada di sana. Tapi ternyata meleset, 45 menit πŸ˜€
8.45 baru masuk ke area pelayanan SIM.
Itu juga, karena nggak tau alur prosedur yang harus dijalankan, saya terpaksa memutar kembali ke luar. Karena ternyata, sebelum membeli formulir di BRI, kita harus berbekal Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter Polisi. Di Polres Bekasi letaknya kok yaa terpisah dari komplek pelayanan SIM. Harus keluar pagar dulu, lalu melewati jalan kecil. Padahal kalo’ pagar di sebelah loket dibuka, letak dokter-nya itu deket banget lho !
O iya, jangan lupa juga, siapkan fotocopy KTP yang masih berlaku dan SIM C lama yang mau diperpanjang. Untuk KTP, boleh agak banyak dibanding SIM-nya copy-annya.

Setelah membayar Rp 22K, kita akan diberi kwitansi dan keterangan “lolos” screening. Karena memang kita ditest juga oleh dokternya, minimal test buta warna pake’ lembaran bulet-bulet yang beda warna itu lho…

Sumpah deh, kalo’ kemarin nggak sama Erwin, mungkin saya sudah memakai jasa calo yang ternyata masih seliweran di sekitar dokter polisi itu. Ditawarkan Rp 200K + 1 jam, SIM C saya sudah jadi. Tapi diomelin suami πŸ˜€ “Katanya mau nyoba bikin sendiri… udah nggak usah pake’ calo lah. Nggak buru-buru juga kan kita ?!” Baeklah… Mundur teraturlah saya… :p

Masuk kembali ke lokasi pembuatan SIM. Langsung menuju loket BRI untuk membeli formulir. Tapi lagi-lagi dialihkan dulu ke loket sebelah, untuk membeli “premi” asuransi. Huduww, semalem sih baca-baca, asuransi ini seharusnya bisa kita abaikan yaa, karena nggak wajib. Tapi daripada kudu bersitegang, mari dijalani. Rp 30K untuk premi asuransi SIM C. Baru setelah itu kita boleh membeli formulir perpanjangan SIM C di BRI. Rp 75K. Sesuai sama gambar yang memang dipajang di ruang tunggu.

Tarif Pembuatan SIM - Image : http://bloggercikarang.com

Tarif Pembuatan SIM - - Image : http://bloggercikarang.com

Setelah mendapat formulir, lalu dilengkapi sesuai petunjuk yang ditempel di meja pengisian. Tapi isi-nya memang sederhana banget kok. Saya cuma butuh sekitar 10 menit untuk sampai memastikan isian saya sudah benar.
Setelah itu, diserahkan ke loket Penyerahan Formulir sesuai tipe SIM yang mau kita urus.
Lalu kita akan dapat nomor antrian foto, dan setelah itu bisa menunggu dipanggil pak polisi (biasanya yang manggil ibu polisi nih, karena dari pengalaman mengurus SIM yang jedanya 5 tahunan, selalu beliau terus. Tapi kali ini udah pensiun sepertinya yang bersangkutan)

Saya menunggu sekitar 10-15 menit sebelum dipanggil foto. Lumayan ramai padahal hari Sabtu kemarin. Tapi sepertinya kebanyakan pembuatan SIM baru. Karena antrian foto-nya cuma sebentar.
Setelah masuk ke ruang foto, penyamaan identitas berlangsung secara dialog. Pastikan alamat, tanggal lahir, dan data-data lain sudah benar. “Klik” foto diambil, tanda tangan di scanner, cap jempol kedua tangan. Lalu keluar lagi ke ruang tunggu untuk menunggu SIM-nya jadi.

10 menit kemudian saya sudah dipanggil lagi. Voila… Jadilah SIM C baru saya untuk 5 tahun ke depan.
Hanya Rp 127K, dan total jenderal waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 45 menit dari pertama saya datang (sudah termasuk jalan memutar itu) !! Wohohoho.. ini SIM saya yang termurah dan tercepat ! Beda-nya lumayan yaa dibanding memakai biro jasa !
Nggak henti-henti hari Sabtu kemarin, saya senyum-senyum ke Bapak-bapak polisi yang saya lewati pas keluar. Dan bilang terima kasih nggak ada habisnya πŸ˜€
Ini “keajaiban” buat saya ! Hehehe… Setelah melalui sendiri, saya dan Erwin memutuskan, besok-besok pengen perpanjang SIM A maupun SIM C kami sendiri lagi :p
Mudah-mudahan pas lagi “steril” lagi kepolisiannya yaa…

Terima kasih, PolRI !!

PS : Back drop foto-nya tuh bakalan kain berwarna biru tua ! Jadi pastikan memakai baju atau jilbab (kalo’ yang pake’) itu yang berwarna terang yaa… Supaya muka-nya keliatan :p

4 thoughts on “Perpanjangan SIM C itu Mudah ! #gaya [@Polres Metro Bekasi]

  1. Heni

    Moga” seterusnya & selamanya selalu seperti ini kalau ngurus SIM & sebagainya di kepolisian, jangan mahal”, jangan ribet”, jangan lama” hehe. Salam kenal πŸ™‚

    Reply
  2. jilbab

    Thanks for the marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you might be a great author.
    I will make sure to bookmark your blog and will come back
    later on. I want to encourage you continue your great writing, have
    a nice evening!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *