Tag Archives: celoteh

Kualat

Yang namanya kualat itu, kaya’nya bisa digambarkan seperti percakapan pagi tadi antara saya dengan asha.
Setting-nya pagi hari. Hujan di luar. Saya sedang ngedusel-dusel asha supaya bangun dan mandi sebenarnya. Tapi saya menggoda dia dengan gini :

“Sha, dingin yaa..?! Hujan lho nak di luar. Enak yaa sha buat bobo-an lagi.” sambil peluk dia.

sambil senyum, dijawab gini sama anak unyil-nya :

“Ma, tapi kan asha harus SEKOLAH !” yang terus bergegas bangun dah ngambil susu UHT jatah pagi harinya.

#jleb #jleb #jleb

Celoteh Anak Sayang Mama

Setting : Malam hari sepulang bekerja, bertiga-an sama Ogie dan Asha rebahan di tempat tidur.

Nggak tau ada angin apa, tiba-tiba anak perempuannya bilang :
A : “Mama, nggak boleh ada lagi yaa ma, adek setelah Ghiyath ini ma.. Nggak boleh !”
S : *bengong* karena emang sebelumnya sama sekali sedang tidak membicarakan adik 😀
S : “Lho, bukannya kamu mau adik lagi, Sha ? Katanya waktu itu mau adik laki-laki lagi..”
A : “Mama, emang nanti asha bobo sama siapa ?”
S : “Papa lah nak.. Kan biasanya gitu ?!”
A : “Lho, adek Gie bobo sama siapa ?”
S : “Yaa sama mama dong..” *asli sambil bingung, arah pembicaraan dia ini kemana sih sebenernya. no clue !*
A : “Tuh kaann.. trus kalo’ ada adek lagi, nanti mau bobo sama siapa. He ?!!!”
S : *ngakak sampe ngejengkang*

Subhanallah nak… Sampe segitu-nya kamu udah mikirin ? Nggak nak, Insya Allah kalopun ada adek lagi, mudah-mudahan saat itu kamu sudah berani pisah kamar dari kami yaa..

Lalu ada lagi cerita tentang asha yang bisa bikin kangen dia terus tiap hari.

Setting tetap sama, di tempat tidur. Malam hari.

S : “Sha, garukan yang waktu itu kita beli di Asemka tuh dimana sih nak ?” (itu lho.. garukan yg model jari-jari kecil di ujungnya)
A : “Ada di atas lemari, ma ! Emang kenapa, mama gatal ya ?”
S : “Iya nak. Punggung nih gatel banget…”
A : “Emang mama gak bisa garuk sendiri. Dicoba sendiri dulu coba ma…” *ini pasti kata-kata dari guru dia di sekolah deh. Tua beneeuuurrr*
S : “Nggak sampe sha tangan mama. Jauh banget di bawah nih..”
A : “Sini ma, asha ajah yang garukin ajah ma. Yang mana yang gatal ma ?”
S : *speechless*

Love you full, kiddo !

Celoteh Asha

Entah ini tulisan saya yang ke-berapa yang berjudul seperti ini 😀
Silahkan deh kalo’ mau bosen bacanya, tapi saya tetap akan sering bercerita dengan topik yang sama. Lucuuuuu soalnya 😀

Setting 1 :
Sore hari weekend, di rumah. Di luar sedang hujan lebat disertai petir dan geluduk. Bener-bener bikin semua orang di rumah takut lah pokoknya.
Dan kami berkumpul di ruang keluarga, di depan tv (yang dalam kondisi dimatikan oleh asha).

Asha [A] : “Mama, kata bu Aida, kalo’ ada petir nggak boleh nyalain TV ma…”
Saya [S] : “Iya sayang. Soalnya takut TV-nya meledak. Iya nggak apa-apa kok dimatiin” *malah seneng kali sha kalo’ mama mah :D*
backsound : Ogie ngerengek
A : “Ssstt… Ogie, itu petir. Nggak boleh takut. Petir kan juga ciptaan Allah…”

Hahahaha… saya dan Erwin liat-liatan sambil menahan tawa. Bener-bener deh gaya asha saat itu, meyakinkan sekali 😀
Lanjut…

S : “Sha, hayuk mewarnai ajah sha. Ambil crayon-mu gih nak !”
A : “Nggak mau ma, crayon asha di depan (di ruang bermainnya). Ada petir ma. Asha takut !”

Lepas deh tawa yang dari tadi kami tahan… Asha… asha…
Pake’ sok nasehatin adiknya… 😀

Setting 2 :
Saya dan asha sedang sibuk berduaan. Dalam arti sibuk yang sebenarnya. Saya sibuk membaca koran minggu. Sementara asha sibuk dengan hape saya, menonton clip kesukaannya, Calendar Song. Lagu yang baru dia kenal dari Totti, temannya.
S : “Kamu suka banget yaa sha sama video lagu itu ?”
A : “Iya ma. Ini lucu lho ma. Lagunya bagus !”

Sementara saya melanjutkan membaca, dia tiba-tiba nyeletuk.
A : “Ma, besok kita kasih lagu ini ke Totti ajah yaa ma. Kasian Totti ma, punya Totti jelek.”

Yang dimaksud jelek oleh Asha adalah, karena Totti menonton lagu-nya secara streaming dari YouTube. Dan karena koneksi yang jelek, sehingga terjadi buffering.
Moral cerita ini, yang bikin saya kagum sama asha saat itu adalah, alhamdulillah dia masih mau memikirkan orang lain sementara dia sedang menikmati lagu yang baru dia kenal… 😀
Jadilah saat itu saya harus menjelaskan apa itu download, dan apa itu buffering 🙂

Setting 3 :
Kami (Erwin, saya dan asha) pulang dari XXI dalam rangka meng-entertain asha dengan Happy Feet 2. Note : Great Movie !
Saat mau tidur, asha dengan lucu berkata kepada pengasuhnya.
A : “Uwi, besok pagi ajah yaa asha cerita film-nya. Sekarang asha ngantuk :D”

Gaya yaa asha sekarang…
Thank you for cheering up our world, ya Nak.
Semoga kamu menjadi orang yang disayang Allah terus nak…

Asha [2]

Udah lama juga ternyata gak update yaa… Kaget sendiri ngeliat last posting-nya udah dari bulan Maret.

Banyak yang menanyakan, polah apa lagi yang asha lakukan akhir-akhir ini… Hehehe, ternyata menghibur banyak orang yaa tingkah asha, kirain mah buat tiwi doang 😀

Asha sekarang sudah menjadi sahabat tiwi. Sudah bisa diajak ngobrol… Sudah suka cerita banyak tentang dia sendiri 🙂 Bener-bener sudah kaya’ punya teman perempuan yg bisa diajak ngopi bareng sambil ngobrolin banyak hal…

Kemarin kami dari bandara, berdua saja di mobil. Kalo’ menyetir, kadang tiwi memang terkesan “nyuekin” dia. Tiba-tiba di bangku sebelah dia ngomong…

A : “Mama, nanti kalo’ asha udah bisa setir, mama asha tanya yaa.. Mama mau kemana ?” *dengan nada maniisss banget sampe tiwi terharu sejadi-jadinya…
T : “Iyaa, nak. Ma kasih yaa.. Asha baik banget sih !”
A : “Iyaaaa.. mama mau kemana ?”
T : nada jail “London, nak”
A : *tampang bingung
A : “Oohh iyah nanti yaa, ma. Sekarang tapi mama setirin asha dulu yaa ke ambassador. Asha mau beli Dendon (nama boneka-nay dia – red), ma !”
T : *glek

Pemalakan oleh anak kecil berusia 3,5 tahun. Tapi beneran deh, kata-kata asha sekarang suka bikin menye-menye ataupun terpingkal-pingkal…

Semalem lagi… dia sedang manja banget.
Di kamar tidur utama kami, ada 2 tempat tidur. Tempat tidur besar, dan tempat tidur asha, yang ukurannya lebih kecil.
Walaupun satu ruangan, tapi kami sudah mulai membiasakan asha tidur sendiri. Semalem gagal total tapi.

A : “Mama… mama bobo di sini ajah !! Jangan di tempat tidur mama, di sini ajah ma…” *sambil tepuk-tepuk tempat di sebelah-nya
T : “Iya, sha. Kenapa emang nak ?!”
A : “Asha mau peluk mama… peluk-peluk-peluk maa…”

Whuaa… She really knows how to cheer me up ! How to re-charged my energy 🙂 Love you, kiddo !! More and more in everyday.

Celoteh Asha

Mumpung fungsi blog belom dibatasi… dan memang penggunaannya terserah si empu-nya tho, yaa gpp kan tiwi menuliskan celoteh-celoteh Asha akhir-akhir ini supaya bisa didokumentasikan. Hekekeke…
Sayang banget celoteh-celoteh cerdas dari seorang anak kecil berusia 3 tahun ini kalo’ harus tercecer begitu saja… 😀

1. Setting : Belajar Upacara di TK Al-Marjan 02

Guru [G] : “Nah.. sekarang, siapa yang hafal Pancasila ??”
Asha [A] : (tunjuk tangan di barisan) “Ashaaaaaaaa…” (asha memang tidak cadel dalam menyebut namanya menjadi “Aca” atau apalah… dari dulu dia selalu jelas menyebut “asha” dengan “sha” yang tebal :D)
G : (tertawa sambil memandang seorang anak KB tidak percaya… tapi namanya jg sudah berani tunjuk tangan yaa…) “Asha bisa, Nak ? Ayo coba maju ke depan…”
A : (maju ke depan sebelah ibu guru)
G : “Ayo sha… PANCASILA !”
A : “Ciaaattttt…” (sambil memeragakan gerakan PENCAK SILAT !!)

=))
Asha memang selalu kami ajak menghadiri undangan-undangan nikahan. Termasuk undangan nikahan ala Betawi. Sejak saat itu, dia memang sudah mengenal gerakan-gerakan dasar pencak silat, dan selalu mengulangnya di rumah beserta sound effect “ciaaattt…”
Tapi asli, plesetan PANCASILA ke PENCAK SILAT… itu baru berhasil kami terjemahkan di malam hari saat mau tidur, waktu tiwi mencoba mengajarkan kembali sila-sila dalam Pancasila.

Gpp ya, Nak. Yang penting tunjuk tangan, dan dapet bintang 😀

2. Setting : Mobil, berkendara mobil hanya berdua Asha

Tiwi [T] : (bersenandung mengikuti radio sambil mengetuk-ngetuk steer wheel)
A : “Mama… masak nyetir kaya’ gitu…!!” (sambil menarik tangan tiwi supaya diam dan kembali menyetir dengan benar !)
T : “Kenapa emang nak ?” (menengok ke asha, sambil malah melepaskan kedua tangan dari steer wheeel)
A : (dengan tampang panik) “Mamaa…. ndak boleeehhhh !”

Hahahaha… safety riding campaign by a 3-year-old kiddo !! :p

3. Setting : Ruang Makan dan Teras Belakang Rumah. Minggu Pagi.

Saat itu memang sedang ada teman Erwin yang menginap. Namanya Wildan. Dia sedang mencari-cari rumah tinggal di sekitar rumah kami. Makanya sudah beberapa kali berkunjung dan bermalam di rumah kami.

T : “Sha, panggil papa sama om Wildan, Nak… Bilang, sarapan Pa, gitu…”
A : “Om Wildaaannnn ayoooo makaaannnn dong… Kan udah dibuatin tuh sama mama….Ayo, makan !!”
(dengan nada berteriak dan berlari-lari dari arah ruang makan ke teras belakang tempat papanya dan wildan sedang membaca koran)

Semua yang mendengar : (tertawa terpingkal-pingkal)
Karena mendengar omelan anak kecil di pagi hari… =))

Kalo’ Asha susah makan, memang tiwi selalu bilang “Asha, ayo dimakan dong… Udah dibuatin juga sama mama…”

Anak kecil… what they say is what they hear… 😀

You really make our days, kiddo…
Thank you Allah for sending you here to us.

hackeD BY W0LF GH4M3D r0ot@hotmail.com !!!

Dengan bertambahnya usia Asha, dari yang bikin takut karena pas 2 tahun cuma bisa ngoceh kata per kata saja, sekarang kemampuan ngocehnya malah bikin geleng-geleng…
Yang paling bikin kocak, kemampuan dia ngoceh, disertai dengan kemampuan analisa yang aneh bin ajaib.

Misal :

1. (setting : rumah, makan siang, hari kerja, antara mama (uti-nya asha) dengan asha)
M : “Sha, mama kemana sih ?”
A : “Kerja, Utiii….” (sambil tetep main)
M : “Ngapain kerja, Sha ?!”
*biasanya pertanyaan ini dulu-dulu dijawab Asha dengan “Cari uang buat beli susu… tp kali ini dia diam. Disangka mama dia malas….
M : “Kerja buat cari uang yaa, Sha ?!”
A : “Bukaaannnn utiiiii…. mama cari uang di ATeeMMM.. bukan kejaaa” (sambil teriak ngotot !)

Hahahahaha… sejak kenal ATM, asha memang paling heboh kalo’ liat uang keluar dr mesin itu. Dan di dalam pikiran dia ternyata sudah terpatri bahwa uang, asalnya dari ATM =)) good analytical, kiddo !!

2. (setting : mobil, jalan tol, antara dini dengan asha)
D : “Duuuhhh… nih anak lucu banget siiihh… sini kamu sha, diuwel-uwel” (sambil gemes ngacak-ngacak rambut asha)
A : “Ndaaakkk Diiinnn…. Asha udah cantiikkkkk, ndak usah digituin agiihhh…” (teriak marah)

Bwakakakaka… dapet asumsi dari mana lagi nih bocah 😀

3. Baru-baru ini asha punya sepupu… Dan ini jadi senjata Dini dan Tanti buat godain anak kecil ini biar ngomel. Karena kalo’ asha ngomel, lucu banget tampangnya…

D : “Sha, uti sekarang bukan uti-nya asha lagi lhoo… Udah uti-nya adek Danish sekarang…”
A : (diem, bengong)
D : “Syukurin lho, asha nggak disayang lagi sama uti, nggak boleh berenang lagi di rumah uti !”
A : (tetep diem)
A : “Bukaannn dinnnn, uti-nya ashaaa…. tp akung-nya dek Danish !”

Hahahaha…. Asha memang suka pilih kasih sama papa, karena “Akung ada kumisshhhh” kata dia. Dan dia nggak suka kalo’ dicium orang yg ada kumisnya. Hebat nak, adil yaa kamu mah :p

Ada beberapa kata khas asha yang suka bikin ketawa ngakak pas dia ucapin. Dia bener-bener copy cat yang handal !
Kaya’ kata-kata :
“Aahhh payahhh uti, ndak tauu…”
“Na, itu singa kayiiii” (terjemah : Na, itu singa kaliii…)
“Yaaaa uti kaco, pegi teuuus, acha ndak ikut…”

Hehehehe… ngeselin yaaa pilihan kata-katanya…
Tapi alhamdulillah, dia belum terkontaminasi kata-kata yg nggak baik.
Yang sekarang sedang dilatih adalah kemampuan dia untuk Opposites Word dan Warna.
Mudah-mudahan pada saat kamu harus sekolah nanti, sudah khatam yaa, Nak 😀

Jadi kangen kamu nak, pagi ini… 😀